- Business-to-Business (B2B)
adalah bisnis yang dilakukan oleh orang atau pihak yang saling memiliki kepentingan bisnis, atau bisa juga disebut bisnis antar perusahaan
Contoh : Unilever (www.unilever.co.id/)
- Business-to-Consumer (B2C)
adalah jenis bisnis yang dilakukan antara pelaku bisnis dengan konsumen, seperti antara produsen yang menjual dan menawarkan produknya ke konsumen umum
Contoh : Asus Store (store.asus.com)
- Business-to-Business-to-Consumer(B2B2C)
adalah di mana terdapat perusahaan yang menyediakan produk/jasa mereka kepada klien/agen dan di lain sisi klien/agen tersebut juga mempunyai customer tempat mereka menjual produk/jasa tersebut.
Contoh : Lazada (www.lazada.co.id/)
- Consumer-to-Business (C2B)
adalah dimana konsumen akhir bertindak sebagai penjual sedangkan perusahaan bertindak sebagai pembeli
Contoh : Google Play (play.google.com/)
- Mobile Commerce
adalah transaksi yang dilakukan secara penuh atau sebagian di dalam lingkungan nirkabel (wireless) dengan menggunakan peralatan portable/mobile
Contoh : Mobile Banking
- Intrabusiness EC
adalah semua aktivitas internal organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau informasi diantara beberapa unit dan individu di dalam organisasi
Contoh : Pemakaian software untuk meng-update pemberian pinjaman dari Perusahaan kepada Karyawannya sehingga data mengenai jumlah pinjaman, jatuh tempo pembayaran dan saldo dapat diketahui secara on-line
- Business-to-Employees (B2E)
adalah layanan yang disediakan sebuah perusahaan pada karyawannya untuk memudahkan urusan karyawan dengan perusahaan
Contoh : Bhinneka (www.bhinneka.com)
- Collaborative Commerce
adalah memungkinkan partner dagang mengakses data internal yang dapat menyatukan buyer, seller dan supplier dalam satu website
Contoh : Glodok Elektronik (glodokelektronik.id)
- Consumer-to-Consumer (C2C)
adalah perorangan yang menjual barang atau jasanya melalui situs market place atau situs jual beli.
Contoh : Tokopedia (www.tokopedia.com)
- Peer-to-Peer Application
adalah menghubungkan kepengguna, membiarkan mereka untuk membagi ide dan sumber daya computer tanpa server umum dan membantu individu membuat informasi yang tersedia untuk penggunaan seseorang dengan menghubungkan para pemakai Web.
Contoh : Kaskus (www.kaskus.co.id)
- E-Learning
adalah proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya
Contoh : Zenius (www.zenius.net)
- E-Government
adalah pemakaian atau penggunaan teknologi informasi yang meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain
Contoh : Jakarta Smart City (smartcity.jakarta.go.id)
- Exchange-to-Exchange (E2E)
adalah exchange (sebuah pasar online yang terdapat banyak penjual dan pembeli) dihubungkan kepada satu sama lain untuk saling bertukar informasi
Contoh : menghubungkan antara satu pasar dengan pasar lain
- NonBusiness EC
adalah yang digunakan oleh entitas nonbisnis seperti institusi akademis, organisasi non-profit, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan organisasi kepemerintahan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas operasional dalam melakukan pelayanan
Contoh : Pusat Statistik (www.bps.go.id)
No comments:
Post a Comment