The beginning : E-business ? E-commerce ? Apa perbedaannya ? - REFF'S | Let's Start Learning

REFF'S

  • Social Media
  • Coding
  • Game
  • Learn

Hot

Post Top Ad

Tuesday, January 29, 2013

The beginning : E-business ? E-commerce ? Apa perbedaannya ?



E-business ?

Apa yang pertama kali anda pikirkan jika mendengar istilah di atas ? Anda pastinya sudah tau arti istilah e-mail kan ? Dalam istilah Indonesia, e-mail disebut sebagai surel (surat elektronik). Maka, e-business itu ? Ya, bisa diartikan sebagai bisnis yang menggunakan piranti elektronik. Apa yang pertama terlintas di pikiran anda mengenai istilah e-business ? Toko online ? Lalu apakah e-commerce itu ? Apa hubungan antara e-business dan e-commerce ? Berikut penjelasan secara mendalam mengenai konsep – konsep e-business. Semoga dapat membantu teman - teman yang ingin mempelajari lebih dalam tentang e-business :)

+     E-business (electronic business) kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan  menggunakan sistem informasi komputer.

+  Istilah e-business pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.

+     E-business memungkinkan suatu  perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.

+   E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

+   E–Business (Electronic Business) merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah, dan media massa juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya.

Pelaku E-Business
·         Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis

Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan
·         Teknologi informasi dan komunikasi
·         Komputer, data yang telah terkomputerisasi
·         Internet

Kegiatan Sasaran
·         Kegiatan bisnis
·         Proses bisnis utama
·         Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
·         Operasi bisnis utama

Tujuan
·         Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
·         Transformasi proses bisnis
·         Sharing informasi

Keuntungan
·         Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
·         Memberikan nilai bisnis yang berbeda
·         Efisien
·         Peningkatan produktivitas dan keutungan

Jenis E-Business Karakteristik
·         B2C (Business to Customer)
-          Antar organisasi dan perorangan
-          Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil
-          Transaksi satu waktu (tidak sering terjadi)
-          Secara relatif sederhana
·         B2B (Business to Business),
·         B2G (Business to Government), serta
·         B2E (Business to Education)

Infrastuktur untuk E-Business
Jenis – jenis Jaringan dalam E-bussiness, yaitu :

Local Area Network (LAN)
Adalah jaringan komputer dan peralatan lainnya yang lokasinya dekat antara satu dengan yang lain (biasanya dalam satu gedung).

Wide Area Network (WAN)
Adalah jaringan komputer dan peralatan lainnya yang mencakup wilayah geografis yang luas.

Value Added Network (VAN)
Adalah sistem komunikasi jarak jauh yang didesain dan dikelola oleh suatu perusahaan yang independen.

Software Komunikasi
Fungsi software komunikasi :
  Pengendali akses, menghubungkan dan memutuskan hubungan antar-berbagai peralatan.
        Pengelola jaringan, mengumpulkan data untuk memeriksa kesiapan peralatan jaringan untuk mengirim atau menerima data.
        Pengiriman data dan file, mengontrol pengiriman data diantara berbagai peralatan.
     Pendeteksian dan pengendali atas kesalahan, memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang diterima.
    Keamanan data, melindungi data selama pengiriman dari akses pihak yang tidak berwenang.

Hal yang terpenting dari e-business adalah penerapan bisnis ke media elektronik yaitu komputer. Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju setiap tahunnya mendorong para pelaku bisnis untuk menerapkan teknologi informasi ke dalam proses bisnis sehingga dapat mendorong kegiatan bisnis untuk juga semakin maju. Penerapan e – business memanfaatkan banyak sekali perangkat elektronik dalam pelaksanaanya. Komputer, sistem informasi dan internet adalah perangkat penting yang dibutuhkan dalam pelaksanaan e-business.
            E-business membuat kegiatan bisnis dapat dijalankan otomatis maupun semi otomatis. Penerapan e-business sangat fleksibel dan dalam pelaksanaannya mampu membuat proses bisnis menjadi lebih mudah dan cepat. Menurut asumsi kami, e-business akan selalu berkembang dan akan semakin banyak diterapkan beriringan dengan kemajuan dunia teknologi informasi yang selalu berkembang setiap waktu.


E-Commerce?
E-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. e-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari E-business (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e -pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electron ic data interchange /EDI), dll. 


Ada beberapa manfaat e-commerce dalam bisnis perusahaan, antara lain :
·         Mendapat pelanggan baru. Dengan e-commerce, memungkinkan perusahaan mendapatkan pelanggan baru dari pasar domestic maupun luar negeri.
·         Meningkatkan mutu pelayanan. Dengan e-commerce, perusahaan dapat melayani konsumen secara online 24 jam/ hari.
·         Menarik konsumen agar tetap bertahan.
·         Otomatisasi, menggantikan proses manual
·         Integrasi, meningkatkan efisiensi & efektifitas proses
·         Publikasi, memberikan jasa promosi & komunikasi atas produk & jasa yang dipasarkan
·         Interaksi, pertukaran data / informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error”
·         Transaksi, kesepakatan antara dua pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lain.


E-commerce adalah bagian dari e-business. E-commerce lebih menekankan pada hal – hal yang berhubungan dengan transaksi jual,beli, tukar dan lain sebagainya antar pebisnis satu dengan yang lainnya dan suplier mereka. E-commerce yang menjadi bagian penting dari e-business berfungsi untuk melakukan banyak hal, antara lain : transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e -pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electron ic data interchange /EDI), dan lain sebagainya.
Contoh paling nyata yang sedang menjadi trend di Indonesia sekarang ini (2012) adalah makin banyaknya online shop yang bermunculan di berbagai jejaring sosial dan forum – forum internet. Jual beli dengan menggunakan internet sebagai saranya baik dalam menjual, membeli, transaksi dan konfirmasi pengiriman hanyalah sebagian kecil contoh dari e-commerce. Dengan jual beli online, bahkan kita tidak harus pergi ke ATM untuk melakukan transaksi cukup dengan menggunakan layanan e-banking. Fasiitas rekber (rekening bersama) yang kadang digunakan untuk membantu transaksi secara online tanpa kita harus memiliki rekening juga merupakan salah satu bentuk perkembangan dari semakin majunya e-commerce.
E-commerce juga dimanfaatkan perusahaan bisnis untuk melakukan e-marketing. E-marketing adalah pemasaran produk dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dengan bantuan teknologi informasi, semua kegiatan bisnis menjadi lebih cepat dan lebih mudah.

Hubungan e-business dan e-commerce ?
E-commerce lebih merupakan sub bagian dari E-business, sementara E-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari E -business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan. E-business memiliki cakupan yang luas dan e-commerce hanyalah salah satu bagian dari e-commerce.

Keunggulan dan manfaat e-Business ?
Fleksibel, kebebasan dan peluang besar. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa e-business memanfaatkan perangkat teknologi informasi. Perangkat – perangkat teknologi tersebut bukan hanya sekedar komputer, bahkan sebuah telepon selular pintar (smartphone) pun dapat digunakan untuk sarana e-business. Itu artinya sudah tidak adalagi batasan ruang dan waktu untuk melakukan kegiatan bisnis. Yang kedua adalah kebebasan. Kebebasan yang dimaksud di sini adalah bahwa di internet persaingan bisnis sangat bebas. Kita dapat melakukan pemasaran di mana pun dan dengan sarana apapun (google ads, page facebook, website, dan lain sebagainya). Selain itu juga dengan mudahnya dalam e-business kita dapat menggunakan model bisnis berdasar model bisnis perusahaan yang lainnya yang lebih sukses sebelumnya.
            Internet adalah ladang bisnis yang sangat luas. Maka dari itu e-business adalah cara untuk memanfaatkan peluang besar tersebut. Banyak cara untuk memasarkan suatu barang di Internet. Manfaat e-business sepertinya sudah tidak perlu diutarakan lagi. Dengan penggunaan sarana teknologi informasi yang makin marak, e-business dan e-commerce menjadi suatu hal yang tidak lama lagi menjadi hal yang lumrah. Secara tidak sadar e-commerce telah membuka suatu lapangan pekerjaan baru yang tidak dibatasi ruang dan waktu, bebas pajak (selama pemerintah belum membuat peraturan tentang jual beli online) dan pastinya sangat menjanjikan karena diikuti perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat dengan demikian semakin menggeser persepsi bahwa membeli barang harus pergi ke pasar atau tempat lainnya. E-business juga menjadi sarana yang sangat – sangat membantu bagi banyak perusahaan di dunia bisnis sehingga penyampaian informasi dari cabang ke cabang lainnya dapat dilakukan dengan cepat dan dengan begitu pengontrolan kegiatan bisnis dapat dilakukan dengan maksimal.

Pengaruh perkembangan TI terhadap e-business ?

Peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisinis online di antaranya adalah:

· TI yang dapat memudahkan penyebaran informasi mampu

Mengembangkan bisnis online ke berbagai wilayah di dunia. seperti e-commerce yang digunakan oleh perusahaan penjual buku, musik, video,permainan dan barang elektronik

· Banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI juga membantu menumbukan bisnis online di internet.

            Dengan banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami perbaikan sistem. Bisnis online tadinya sangat rentan dengan penyadapan kartu kredit yang menyebabkan ketidaktertarikan konsumen terhadap bisnis ini. Namun dengan adanya perbaikan sistem, maka kerahasiaan identitas konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat kembali percaya membeli keperluannya di perusahaan bisnis online.

· Bisnis online banyak digemari karena fleksibilitasnya.

            Seseorang tidak harus berada di tokonya untuk menunggu pelanggan, namun dengan komputer dan konektivitasnya sudah dapat menjual produknya ke seluruh negara. Pembeli pun tidak harus capek-capek keluar untuk membeli keperluannya, karena dengan hanya membeli secara online, barang pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.

· Koneksi internet yang semakin mudah dan terjangkau akibat kemajuan TI juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, e-business dalam penerapannya semakin banyak diterapkan dan digunakan. Dari jurnal yang kami dapat di  sumber yang ke dua, di sana dipaparkan keadaan perkembangan teknologi informasi yang mempenggaruhi Inggris (United Kingdom) pada tahun 2007. Perkembangan teknologi mobile semakin membuat e-business menjadi lebih mudah dilaksanakan, di manapun dan kapanpun. Penggunaan koneksi internet yang terus melonjak setiap tahunnya membuat proses bisnis semakin berkembang. Apalagi pengguna internet di Indonesia termasuk dari salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Dengan fakta tersebut, menurut asumsi kami e-business dan e-commerce lama kelamaan akan menjadi hal yang lumrah seperti halnya bisnis tradisional.


Manfaat e-Business bagi perusahaan dan penerapannya di Indonesia ? 

Manfaat e bisnis terhadap perusahaan AIR ASIA

Maskapai penerbangan terdepan Asia dibangun berdasar impian untuk memungkinkan semua orang dapat menikmati layanan penerbangan. Sejak tahun 2001, AirAsia langsung mengubah norma-norma perjalanan di dunia, dan muncul menjadi yang terbaik. Dengan jaringan rute yang membentang di lebih dari 20 negara, , AirAsia terus membuka jalan bagi penerbangan berbiaya terjangkau lewat solusi inovatif, proses efisien dan pendekatan yang baru dalam usaha ini. Bersama anak-anak perusahaan seperti AirAsia X, Thai AirAsia, Indonesia AirAsia, Philippines’ AirAsia Inc dan AirAsia Jepang, kami siap membawa penerbangan berharga terjangkau ke puncak pencapaian dengan keyakinan kami bahwa "Sekarang, Semuanya Dapat Terbang". Air asia menerapkan sistem e-ticketting. E-ticketting ini merupakan penerapan B2C (Business to Consumer), yang mana pemilik bisnis dan konsumen dapat berinteraksi secara langsung.  Sistem ini memungkinkan calon penumpang untuk melakukan reservasi tiket melalui media elektronik secara online. Selain itu Air Asia juga menerapkan  e-marketing, di mana perusahaan mereka melakukan pemasaran melalui internet. Hal ini terbukti efektif 

Manfaat e-bisnis terhadap perusahaan maskapai AIR ASIA antara lain :

1.     Pemasaran melalui internet (jejaring sosial, website, ads, dan lain sebagainya) dapat membuat promo menjadi lebih efektif menarik para calon penumpang.
2.      Nama perusahaan yang semakin dikenal masyarakat (citra Air Asia sebagai maskapai lokal maupun antar negara yang sangat terjangkau) melalui pemasaran di Internet. 
3.   Meningkatkan penjualan tiket. Di masa yang serba instant ini, pengguna internet semakin meningkat. E-ticketting semakin efektif dalam pelaksanaannya karena para pengguna yang sudah dekat dengan internet akan lebih memilih reservasi secara online dibanding cara yang konvensional. Selain cepat, Air Asia bahkan terkadang memberikan potongan harga jika calon penumpang melakukan reservasi secara online. Hal ini mendongkrak tingkat banyaknya reservasi dibanding sebelum penerapan e-ticketting.

      (Info tentang profil perusahaan dapat diakses di : http://www.airasia.com/id/id/about-us/corporate-profile.page)




Manfaat e bisnis terhadap PT. SMART (Sinar Mas Argo Resources and Technology)

Hubungan yang terbina dengan baik antara perusahaan dan relasi-relasinya, pada akhirnya akan dapat meningkatkan nilai perusahaan (value of firm)  melalui baiknya value chain  perusahaan tersebut. Terdapat berbagai macam sarana yang dapat digunakan untuk membina hubungan ini, seperti event perusahaan, media cetak, media elektronik, dll. PT. SMART, Tbk memilih sarana internet  (wibesite)  untuk menghubungkan pihak perusahaan dengan pihak luar seperti konsumen, maupun  shareholder.  Dengan kata lain,  PT. SMART, Tbk telah menerapkan sistem e-bisnis (B2C) untuk memperlancar proses bisnisnya. Selain itu, para pencari kerja juga dapat mengecek selalu website milik PT. SMART untuk mencari lowongan pekerjaan yang ada. Hal ini membuktikan penerapan e-business di PT. SMART sangat baik dan dapat menguntungkan baik ke pihak investor, consumer maupun para job seekerPenerapan e-bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi jaringan dan komunikasi tentunya memberikan dampak yang sangat besar bagi perusahaan dalam hal meningkatkan penjualan dan beberapa hal lain yang telah disebutkan sebelumnya. 
Namun, perlu diperhatikan juga bahwa penerapan suatu teknologi informasi yang mutakhir memerlukan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Apabila biaya yang harus dikeluarkan demi teknologi ini tidak sebanding dengan keuntungan kompetitif yang akan diraup perusahaan, maka penerapan teknologi ini tidak akan efisien atau bahkan dapat menyebabkan kerugian. Berikut ini analisis kebermanfaatan penerapan e-bisnis pada PT. SMART, Tbk dilihat dari laporan keuangan tahun sebelum penerapan e-bisnis (2004) dan tahun 2005 setelah penerapan  e-bisnis  -dengan membuka situs/website. Pada tahun 2004, biaya penjualan, termasuk biaya promosi dan iklan sebesar Rp 128.207.022.143. Sementara pada tahun 2005 biaya ini menjadi lebih besar, salah satunya dimungkinkan karena adanya penerapan e-bisnis  (website)  ini. Biaya ini naik sebesar Rp 65.829.411.172 menjadi Rp 194.036.433.315. Dilihat dari laba yang diperoleh, tahun 2004 perusahaan memperoleh laba usaha sebesar Rp 283.395.386.692, kemudian tahun 2005, laba usaha naik menjadi Rp 424.969.872.324. Keuntungan dari penerapan e-bisnis ini mungkin juga memberi kontribusi tertentu dari kenaikan laba usaha sebesar Rp 141.574.485.632.




                                                    Manfaat e bisnis terhadap PT. HM SAMPOERNA

          PT. HM Sampoerna adalah salah satu dari perusahaan rokok terbesar di Indonesia selain Gudang Garam dan Djarum. Dalam perkembangannya, operasional harian menjadi sangat rumit. Salah satu departemen yang mengalaminya adalah departemen logistik yang pekerjaan hariannya menyatukan data-data persediaan bahan baku, distribusi bahan baku, data produksi. Data-data tersebut terkumpul pada akhir jam kerja, sehingga menyulitkan. Ini dilakukan dengan manual, sehingga bisa dibayangkan sulitnya jika data-data tersebut terdiri dari ribuan data dan memerlukan proses yang lama. Masalah tersebut mendorong PT. HM Sampoerna untuk membangun Teknologi Informasi, yang dimulai pada tahun 1992. Pembangunan fondasi sistem TI di HMS dimulai tahun 1992, sedangkan peralihan dari pola local area network (LAN) ke wide area network (WAN) dilakukan pada 1995. Setelah itu, aplikasi bisnis korporat menjadi fokus perhatian berikutnya. Setelah melalui proses screening, manajemen memutuskan untuk menggunakan aplikasi ERP dari Oracle (yang masih dipakai hingga sekarang). 

          “Sampoerna memang memakai Oracle, sedangkan Philip Morris di seluruh dunia memakai SAP. Ke depan, tentunya mesti sama. Saat ini, untuk mengintegrasikan sistemnya. Menurut Sugiharto Hartono, Direktur Penjualan, Perencanaan, Sistem & Pengembangan PT Panamas, penggunaan ERP dari Oracle itu mencakup hampir semua proses bisnis penting, mulai dari akuntansi dan keuangan, manufaktur, hingga pengadaan barang dan manajemen barang jadi. ERP Oracle juga digunakan di anak usaha HMS, yakni PT Panamas (perusahaan penjualan dan distribusi HMS) dan PT Handal Logistik Nusantara (perusahaan logistik dan pergudangan). “Unit-unit bisnis dalam naungan Sampoerna juga menggunakan aplikasi yang dikembangkan sendiri untuk melengkapi solusi ERP. Bukti sudah modernnya sistem TI di HMS juga terlihat pada sistem rantai pasokan (supply chain management).

          Sejak 2006 HMS sudah mempunyai HR system, yaitu PeopleSoft HR, sebagai master data semua karyawan. PeopleSoft HR ini mempunyai banyak sekali modul yang sudah diimplementasikan untuk kebutuhan HMS, seperti Medical Claim, Training, Customer Issue Tracking dan Manager Self Service. PeopleSoft HR ini juga terhubung dengan sistem lokal lainnya: penggajian karyawan (payroll), Sampoerna Performance & Development System, Sampoerna Phonebook, dan sistem lain yang membutuhkan data karyawan dari PeopleSoft. Sementara itu, parent company HMS saat ini, PMI (yang berbasis di Swiss), sudah mempunyai Global SAP HR system, yang disebut HR2U. Nah, HR2U ini adalah global HR system untuk PMI dan dipakai di semua afiliasinya yang berjumlah 160 negara. HR2U ini memiliki beberapa modul global yang telah dipakai afiliasinya di ratusan negara, seperti Global Performance Management, Global Reporting dan Global Compensation. HR2U ini merupakan master system. Singkatnya, HR2U merupakan source of all HR information untuk seluruh perusahaan afiliasi di lingkungan PMI. HR2U ini tidak pernah menerima data dari luar sistem ke HR2U, tetapi sebaliknya sistem induk inilah yang memberikan data. Adapun sistem SAP, database-nya sama, bisa pakai apa saja. Namun, sifat aplikasinya cenderung lebih propietery (khusus). Jadi, cenderung membangun dari mereka sendiri, datang dari client server. Dengan begitu, ada sedikit perbedaan dari segi arsitektur. Walaupun, tidak begitu transparan di mata user kebanyakan.

Penerapan suatu ERP sistem itu adalah suatu proses yang kontinu. Begitu dimulai sudah tidak mungkin lagi dihentikan dan tidak ada titik kesempurnaannya. Yang ada hanyalah proses penyempurnaan yang tak terhenti. Maka penilaian ERP juga mesti dilakukan dengan sungguh-sungguh. Banyak faktor yang perlu dipikirkan pada seleksi ERP. Pada umumnya, ERP yang masuk ke Indonesia sudah teruji kesuksesannya. Namum kesuksesan di negara lain belum tentu bisa menjadi suatu jaminan bagi kita. Masalah sumber daya manusia dan infrastruktur juga menjadi faktor penentu ERP akan berkembang terus sesuai dengan tuntutan konsumen. 

Yang jelas perkembangan ERP pada masa depan ini akan dititik-beratkan pada beberapa hal, yaitu, lebih mendukung customer service, lebih mendukung vertical industri spesifik (vertical industry), dan juga lebih mendukung proses pengambilan keputusan (decision support). ERP masa depan juga akan lebih fleksibel dalam penerapan, pemakaian dan cara pembiayaan. Begitu juga banyak manfaat bagi PT. HM Sampoerna dalam membangun teknologi informasi seluruh sector dapat dengan mudah mendapatkan informasi apa saja yang mereka perlukan serta Perusahaan mampu langsung dapat merespon dalam Cepat merespon perubahan resep rokok.

Setelah ERP diterapkan, seluruh informasi data dapat dengan cepat dikoordinasikan ke semua departemen. Ketika seorang staff memerlukan komputer baru dan manajer sedang tidak ada di kantor dan harus menunggu untuk meminta persetujuan, ini merupakan salah satu hal yang tidak efisien. Setelah TI diterapkan, staf itu dapat langsung memberitahukan lewat jaringan sehingga manajer langsung dapat memberi persetujuan,sehingga dengan adanya teknologi informasi hambatan seperti itu sudah dapat diatasi. 

PT. HM Sampoerna berencana untuk membangun TI dalam jangka panjang serta mengalokasikan dana sebesar US$ 5 juta setiap tahun. Pembangunannya pun bukan hanya dilakukan oleh tim TI internal dan regional, tapi dibantu oleh banyak vendor, baik dari luar negeri maupun lokal, seperti IBM, Sigma dan Mitrais. “Pengembangan TI itu dimaksudkan supaya proses bisnis lebih efektif, akurat dan cepat,” kata Aryani. “Juga, agar bisa terintegrasi dengan sistem Philip Morris secara worldwide."




Daftar refrensi :

MSuyanto., 2003 ,Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Penerbit Andi.

J, Djawil., 1991, Sistem Informasi untuk Manajemen Modern ,Erlangga.

Rusmana, Silvia., 2011, E-business dan Menganalisa Apa Saja yang Melingkupi dan Tujuan Dari E-Business, [pdf] , (http://research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/download/4725/3057, diakses tanggal 20 Januari 2013).

Indrajit, DR. Richardus Eko.,___, Konsep  Dan  Aplikasi E-Business,[pdf] Diakses dari : <http://materi.uniku.ac.id/Ebook/DISC%204%20-%20KUMPULAN%20EBOOK/REI%20eBook-ElectronicBusiness.pdf>[Diakses tanggal 20 Januari 2013]

Country Commerce. United Kingdom; 2007. [pdf] Diakses dari :  
<http://content.ebscohost.com/pdf19_22/pdf/2007/166E/01Jan07/27376159.pdf?T=P&P=AN&K=27376159&S=R&D=bth&EbscoContent=dGJyMNLr40SeqLA4yNfsOLCmr0ueprNS
s6i4SK%2BWxWXS&ContentCustomer=dGJyMPGps1Cwr7BQuePfgeyx44Dt6fIA> [Diakses tanggal 20 Januari 2013]

Rani, Puspa dan Diana Rahmawati.,___, Analisis Penerapan E-business Studi Kasus Pada 
PT. Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART), Tbk,[pdf] Diakses dari : <http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Diana%20Rahmawati,%20M.Si./ANALISIS%20PENERAPAN%20E-BUSINESS%20PT%20SINAR%20MAS%20AGRO%20RESOURCES%20AND%20TECHNOLOGY
%20SMART%20TBK.pdf>[Diakses tanggal 20 Januari 2013]

Rosada, Amrina., 2012, Penerapan ERP dalam perusahaan PT. HM Sampoerna (Tugas UAT SIM no.1),[blog] Diakses dari : <http://amrina48.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2012/09/25/penerapan-erp-dalam-perusahaan-pt-hm-sampoerna-tugas-uat-sim-no-1/>[Diakses tanggal 20 Januari 2013]




FTI SI UKSW - 682011

682011016 - 682011014 - 682011029 - 682011604


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot